Tuesday, 21 July 2020

Nilai-nilai Pancasila (1)


PANCASILA

1.       Ketuhanan Yang Maha Esa
2.       Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.       Persatuan Indonesia
4.       Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5.       Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa
1.       Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.       Toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain
3.       Kerukunan antar umat beragama

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Kemanusiaan yang adil dan beradab
1.       Persamaan derajat
2.       Menghargai hak asasi manusia
3.       Solidaritas antar sesama
4.       Perdamaian

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak kegiatan anak-anak di rumah saat masa pandemi Covid-19 yang merupakan bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila. Dapatkah kamu menyebutkan kegiatan apa sajakah itu? Mari kita pelajari cerita berikut!

Bacalah cerita berikut dengan teliti!
Siaz, Ayu, dan Taufik merupakan siswa kelas VI SD Nusantara. Sekolah mereka melaksanakan kegiatan belajar dari rumah (BDR). Hal itu dikarenakan karena adanya wabah Covid-19 yang belum kunjung usai. Pada hari Rabu, Siaz, Ayu, Taufik, dan teman sekelasnya diberi tugas oleh Bu Eli untuk membantu Ibu menanak nasi.
Kegiatan menanak nasi dilakukan di rumah masing-masing. Sebelum kegiatan menanak nasi dilakukan Siaz, Ayu, Taufik, dan teman sekelasnya melakukan wawancara sederhana kepada Ibu mereka tentang cara menanak nasi. Setelah mendapatkan keterangan tentang cara menanak nasi, Siaz, Ayu, Taufik, dan teman sekelasnya melaksanakan tugas dari Bu Eli untuk menanak nasi. Tak lupa Bu Eli mengingatkan agar sebelum menanak nasi, anak-anak berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
Siaz beragama Kristen. Ia berdoa kepada Tuhan sebelum melaksanakan tugas menanak nasi. Ayu beragama Hindu, ia berdoa kepada Sang Hyang Widhi sebelum melaksanakan tugas menanak nasi. Sedangkan Taufik beragama Islam, ia berdoa kepada Allah sebelum melaksanakan tugas menanak nasi. Teman-temannya pun melakukan hal demikian.
Kegiatan menanak nasi rupanya menyenangkan. Meskipun hasilnya ada yang berbeda, seperti nasinya terlalu lembek, terlalu keras, atau malah ada yang gosong. Akan tetapi mereka tetap bersyukur dapat melakukan kebaikan untuk membantu ibu mereka di rumah saat masa pandemi Covid-19. Mereka juga bersyukur mendapat pengalaman yang berharga dari kegiatan menanak nasi, yaitu keterampilan hidup (life skill).

Latihan:
Kerjakan soal-soal berikut dengan benar!
1.       Siapakah tokoh dalam cerita tersebut?
2.       Mengapa siswa SD Nusantara belajar dari rumah (BDR)?
3.       Apa tugas dari Bu Eli?
4.       Apa bentuk penerapan nilai Pancasila sila pertama yang dilakukan oleh Siaz, Ayu, dan Taufik?
5.       Perhatikan penggalan cerita berikut!
... Meskipun hasilnya ada yang berbeda, seperti nasinya terlalu lembek, terlalu keras, atau malah ada yang gosong. Akan tetapi mereka tetap bersyukur dapat melakukan kebaikan untuk membantu ibu. Mereka juga bersyukur mendapat pengalaman yang berharga.

Cerita tersebut menunjukkan penerapan sila keberapa dalam Pancasila?

Perhatikan gambar berikut!


6.       Kegiatan apa yang ditunjukkan di gambar tersebut?
7.       Apakah kalian merasa senang dengan kegiatan yang ditunjukkan pada gambar tersebut?
8.       Menurut kalian apakah kegiatan tersebut bermanfaat?
9.       Kegiatan tersebut termasuk penerapan nilai Pancasila sila ke berapa?
10.    Berdasarkan materi yang kamu pelajari, termasuk nilai apa dalam Pancasila kegiatan tersebut?


Sumber:
Buku Tema 1. Selamatkan Makhluk Hidup untuk kelas VI SD/MI

No comments:

Post a Comment

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...