PANCASILA
1.
Ketuhanan Yang Maha Esa
2.
Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.
Persatuan Indonesia
4.
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Nilai-nilai yang
terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa
1.
Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.
Toleransi dan penghormatan kepada agama atau
kepercayaan lain
3.
Kerukunan antar umat beragama
Nilai-nilai yang
terkandung dalam sila Kemanusiaan yang adil dan beradab
1.
Persamaan derajat
2.
Menghargai hak asasi manusia
3.
Solidaritas antar sesama
4.
Perdamaian
Nilai-nilai yang terkandung dalam
Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak kegiatan anak-anak di rumah saat masa pandemi Covid-19 yang merupakan bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila. Dapatkah kamu menyebutkan
kegiatan apa sajakah itu? Mari kita pelajari cerita berikut!
Bacalah cerita berikut dengan teliti!
Siaz, Ayu, dan Taufik merupakan siswa kelas VI SD Nusantara. Sekolah
mereka melaksanakan kegiatan belajar dari rumah (BDR). Hal itu dikarenakan
karena adanya wabah Covid-19 yang belum kunjung usai. Pada hari Rabu, Siaz,
Ayu, Taufik, dan teman sekelasnya diberi tugas oleh Bu Eli untuk membantu Ibu
menanak nasi.
Kegiatan menanak nasi dilakukan di rumah masing-masing. Sebelum kegiatan
menanak nasi dilakukan Siaz, Ayu, Taufik, dan teman sekelasnya melakukan
wawancara sederhana kepada Ibu mereka tentang cara menanak nasi. Setelah mendapatkan
keterangan tentang cara menanak nasi, Siaz, Ayu, Taufik, dan teman sekelasnya melaksanakan
tugas dari Bu Eli untuk menanak nasi. Tak lupa Bu Eli mengingatkan agar sebelum
menanak nasi, anak-anak berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
Siaz beragama Kristen. Ia berdoa kepada Tuhan sebelum melaksanakan
tugas menanak nasi. Ayu beragama Hindu, ia berdoa kepada Sang Hyang Widhi
sebelum melaksanakan tugas menanak nasi. Sedangkan Taufik beragama Islam, ia
berdoa kepada Allah sebelum melaksanakan tugas menanak nasi. Teman-temannya pun
melakukan hal demikian.
Kegiatan menanak nasi rupanya menyenangkan. Meskipun hasilnya ada yang
berbeda, seperti nasinya terlalu lembek, terlalu keras, atau malah ada yang
gosong. Akan tetapi mereka tetap bersyukur dapat melakukan kebaikan untuk
membantu ibu mereka di rumah saat masa pandemi Covid-19. Mereka juga bersyukur mendapat pengalaman yang berharga dari kegiatan menanak nasi, yaitu keterampilan hidup (life skill).
Latihan:
Kerjakan soal-soal berikut dengan
benar!
1.
Siapakah tokoh dalam cerita tersebut?
2.
Mengapa siswa SD Nusantara belajar dari rumah
(BDR)?
3.
Apa tugas dari Bu Eli?
4.
Apa bentuk penerapan nilai Pancasila sila pertama
yang dilakukan oleh Siaz, Ayu, dan Taufik?
5.
Perhatikan penggalan cerita berikut!
... Meskipun
hasilnya ada yang berbeda, seperti nasinya terlalu lembek, terlalu keras, atau
malah ada yang gosong. Akan tetapi mereka tetap bersyukur dapat melakukan kebaikan
untuk membantu ibu. Mereka juga bersyukur mendapat pengalaman yang berharga.
Cerita
tersebut menunjukkan penerapan sila keberapa dalam Pancasila?
Perhatikan gambar berikut!
6.
Kegiatan apa yang ditunjukkan di gambar
tersebut?
7.
Apakah kalian merasa senang dengan kegiatan yang
ditunjukkan pada gambar tersebut?
8.
Menurut kalian apakah kegiatan tersebut
bermanfaat?
9.
Kegiatan tersebut termasuk penerapan nilai
Pancasila sila ke berapa?
10. Berdasarkan materi yang kamu pelajari, termasuk
nilai apa dalam Pancasila kegiatan tersebut?
Sumber:
Buku Tema 1. Selamatkan Makhluk Hidup untuk kelas VI SD/MI
No comments:
Post a Comment