Friday 7 August 2020

Menanam pada Musim Kemarau

Salah satu keterampilan hidup (life skill) yang perlu dilatih dalam masa pandemi Covid-19 adalah menanam tanaman. Banyak manfaat berlatih menanam. Di antaranya tanaman bisa menjadi sumber bahan pangan contohnya jagung, kacang tanah, wortel, bawang merah, tomat, dll. Tanaman bisa memperindah pekarangan rumah, contoh menanam bunga mawar, melati, kamboja, dll. Tanaman berkayu ketika sudah besar bisa menjadi perindang yang di kala musim kemarau.

Musim kemarau Indonesia dimulai pada bulan April, dan puncaknya terjadi di bulan Agustus. Ketika puncak kemarau terjadi, suhu udara pada siang hari panas, namun pada malam hari sangat dingin. Angin yang berhembus dari wilayah Samudra Hindia dan Australia, memasuki wilayah Indonesia membawa udara kering yang mengandung sedikit uap air.

Ketika musim kemarau, hujan tak lagi turun. Maka, pertanian akan banyak bergantung pada bendungan ataupun sungai. Meski cukup menantang, bertani di musim kemarau juga cukup menjanjikan jika memilih tanaman yang tepat dan merawatnya dengan tepat pula.

Beberapa tanaman memang cocok untuk ditanam di lahan kering. Maka, meski musim kemarau, kita masih bisa membudidayakan beberapa jenis tanaman. Beberapa tanaman tersebut  seperti; tomat, lada, melon, bawang, wortel, bayam, ubi jalar, mentimun, kentang, hingga kacang tanah ataupun kacang hijau.

Sumber: https://msmbindonesia.com/ini-tanaman-yang-tepat-untuk-ditanami-di-musim-kemarau/


No comments:

Post a Comment

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...