Monday 10 August 2020

Mengenal Setrika

 Setrika berasal dari bahasa Belanda strijkijzer adalah cara menghilangkan kerutan dari pakaian dengan alat yang dipanaskan. Alat ini disebut "setrika". Biasanya pakaian yang sudah kering setelah dicuci dan dijemur disetrika agar kembali licin dan rapi. Hal itu terjadi karena ketika molekul-molekul polimer dalam serat pakaian dipanaskan, serat-serat tersebut diluruskan karena beban dari setrika. Setelah dingin, pakaian mempertahankan bentuk lurus tersebut. Beberapa bahan pakaian perlu diberi air untuk melonggarkan ikatan antar molekul. Saat ini terdapat banyak bahan pakaian dari polimer sintetis yang dipromosikan sebagai bahan yang tidak perlu disetrika.

Setrika kuno dibuat dari besi yang diisi arang membara. Saat ini setrika dibuat dari alumunium dan baja tahan karat. Di dalam setrika terdapat thermostat yang mengendalikan suhu. Beberapa setrika modern juga dapat mengubah air menjadi uap air untuk membasahi pakaian. Setrika panas yang sedang tidak digunakan harus diletakkan tegak lurus sehingga tidak membakar permukaan di bawahnya dan menyebabkan kebakaran. 


Saat ini setrika menggunakan sumber energi listrik. Di dalam setrika terjadi perubahan energi dari energi listrik menjadi energi kalor (panas). Bagian setrika dibuat dari bahan yang bersifat konduktor dan juga ada yang isolator. Apakah kamu sudah tahu pengertian kondukto? Apakah kamu sudah tahu pengertian isolator? Dapatkah kamu menyebutkan contoh bahan yang bersifat konduktor? Dapatkah kamu menyebutkan contoh bahan bersifat isolator? 

 

 Sumber gambar: dokumen pribadi

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Setrika

No comments:

Post a Comment

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...