Wednesday 20 October 2021

Proses Menghasilkan Listrik dan Reklame

  PEMBELAJARAN 

TEMA 4. GLOBALISASI 

SUBTEMA 1. GLOBALISASI DI SEKITARKU


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Selamat pagi, dan salam sejahtera untuk kita semua.

Bagaimana kabar anak-anak? Apakah anak-anak sehat?

Semoga kita semua sehat walafiat, amin.

Apakah anak anak sudah siap belajar?


Tujuan belajar kita hari ini adalah:

  1. Menyebutkan cara menghasilkan listrik
  2. Menyebutkan cara menyalurkan listrik
  3. Memyebutkan cara menghemat energi listrik
  4. Menyebutkan pengertian reklame
  5. Menyebutkan jenis-jenis reklame
  6. Membuat reklame


LEMBAR KERJA SISWA

Untuk selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut!

1. Klik link video berikut!


2. Pelajari reklame berikut!

Reklame digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan dan menawarkan produk. Reklame dibuat menarik sehingga pembaca ingin mengikuti anjuran atau membeli barang yang ditawarkan. Ada berbagai jenis reklame di antaranya poster, iklan, plakat, spanduk, selebaran, baliho, buklet, dan lain-lain.

Reklame ada yang bersifat komersial dan nonkomersial. Komersial digunakan oleh pedagang untuk menawarkan barang atau produknya. Sedangkan nonkomersial digunakan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan suatu hal, misalkan hidup bersih, hemat energi listrik, dan lain-lain.

Reklame haruslah menarik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mebuatnya adalah sebagai berikut.

1. Slogan jelas dan mudah dimengerti

2. Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.

3. Ilustrasi menarik dan mudah diingat.

4. Tata letak gambar dan tulisan baik


3. Gambarlah skema gambar pembangkit listrik tenaga air (lihat LKS Tema 4 halaman 9)

4. Buatlah reklame (bentuk poster) tentang hemat energi listrik dalam selembar kertas !

5. Kirimkan foto hasil tugas kepada gurumu melalui WA grub!

Refleksi belajar

Baiklah anak-anak hari ini kita sudah belajar tentang cara menghasilkan, cara menyalurkan, dan menghemat energi listrik. 

Reklame digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan dan menawarkan produk


Saya berpesan untuk anak-anak senatiasa rajin belajar dan rajin membaca!

Mari kita menyanyikan lagu Mijil berikut!

                Mijil

Poma kaki pada dipun eling

Ing pitutut ingong

Sira uga satriya arane

Kudu antheng jatmika ing budi

Ruruh sarwa wasis

Samubarangipun

Berdoa selesai belajar

Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya!

Selamat siang,

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Contoh Hasil Kerja Siswa:

Gambar 1. Skema pembangkit listrik tenaga air Mas Alfath Nilai = 85
Umpan balik: Gambar sudah bagus dan jelas, sebaiknya diberi nomor dan keterangan agar memperjelas skema

Gambar 2. Skema pembangkit listrik tenaga air Mas Anas; Nilai = 85
Umpan balik: Gambar sudah bagus, sebaiknya dilengkapi keterangan agar memperjelas skema

ambar 2. Skema pembangkit listrik tenaga air Mbk Amel; Nilai = 86
Umpan balik: Gambar sudah bagus dan rapi, sebaiknya dilengkapi keterangan agar memperjelas skema


Gambar 3. Poster hemat energi listrik mas Ridwan; Nilai : 86
Umpan balik: Sudah bagus tulisan, gambar berwarna, 
di siang hari bisa diperbaiki menjadi pada siang hari 



Gambar 4. Poster hemat energi listrik Mas Antori N.; Nilai : 86
Umpan balik: Sudah bagus tulisan, gambar berwarna, 
di siang hari bisa diperbaiki menjadi pada siang hari 


Gambar 5. Poster hemat energi listrik Mas Fadhil; Nilai : 86
Umpan balik: Sudah bagus tulisan, gambar berwarna, sebaiknya tulisan matikan lampu ..dst ditulisa dengan lebih kreatif seperti tulisan hemat energi

Gambar 6. Poster hemat energi listrik Mbk Amelia; Nilai : 87
Umpan balik: Sudah bagus tulisan, gambar berwarna menarik, sebaiknya tulisan bisa ditambahkan ajakan, ayo, mari, dsb.


Gambar 7. Poster hemat energi listrik Mas Satria; Nilai : 85
Umpan balik: Sudah bagus tulisan, gambar berwarna, sebaiknya tulisan selamatkan cucu kita lebih diatur sesuai ruang gambar agar lebih menarik


No comments:

Post a Comment

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...