Jumat, 10 September 2021
Sesuai dengan filosofis peikiran Ki Hadjar Dewantara bahwa Budi pekerti, atau watak atau karakter merupakan perpaduan antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga. Budi pekerti juga dapat diartikan sebagai perpaduan antara Cipta (kognitif), Karsa (afektif) sehingga menciptakan Karya (psikomotor).
Hal yang perlu dilakukan agar proses pembelajaran mencerminkan pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah mengembangkan pembelajaran yang menghargai dan dapat memfasilitasi penanaman budi pekerti yang baik, menumbuhkan semangat eksplorasi, kreasi, dan kolaborasi agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam kegiatan pembelajaran pada hari Jumat, 10 September 2021 guru dan siswa merefleksikan apa kegiatan di rumah yang telah dilakukan yang mencerminkan budi pekerti yang baik. Beberapa kegiatan yang siswa lakukan di ruamah adalah
Fadhil menyapu dan momong adik
Gadis mencuci piring dan menyapu
Amel menyapu kamar
Erlina mencuci baju
Alip merapikan tempat tidur
Kegiatan membantu orangtua untuk sangat bermanfaat untuk meningkatkan budi pekerti dan kemandirian pada diri siswa.
Dalam kegiatan pembelajaran juga sudah terlihat kepercayaan diri siswa. Siswa berani menawarkan diri untuk membacakan materi dan pembahasan soal. Beberapa siswa tersebut yaitu Amelia dan Adit.
Kegiatan memupuk rasa nasionalisme dilakukan dengan mendengarkan bersama-sama lagu nasional berkibarlah benderaku. Dalam kegiatan ini siswa-siswa secara spontan ikut bernyanyi.
Kegiatan memupuk karakter religiusitas dilakukan dengan berdoa sebelum dan sesudah belajar.
No comments:
Post a Comment