Monday 27 September 2021

Memfasilitasi Siswa Belajar Kelompok

 Belajar kelompok merupakan salah satu kegiatan untuk menanamkan nilai kolaboratif dalam diri siswa. Nilai kolaboratif ini sangat penting dimiliki oleh siswa agar dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Nilai kolaboratif merupakan ciri dari profil gotong royong. Melalui kegiatan belajar kelompok secara daring siswa dapat saling berbagi pemahaman ilmu, wawasan, keterampilan menyelesaikan tugas secara efektif dan tuntas. 

Dalam pembelajaran di kelas VI semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 siswa dibagi menjadi enam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas lima siswa. Dalam kelompok ada ketua, sekretaris, dan anggota. Tugas ketua kelompok adalah mendorong dan memastikan setiap anggota kelompoknya berpartisipasi dalam penyelesaian tugas. Tugas sekretaris adalah menuliskan dan mengirimkan hasil tugas melalui media sesuai petunjuk. Setiap anggota kelompok memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan.

Proses pemilihan ketua dan sekretaris dalam tiap kelompok nampak dinamis dan demokratis. Setelah guru memberi tugas untuk musyawarah, siswa bermusyawarah memilih kandidat ketua dan sekretaris. Siswa saling mengusulkan nama dan teman dalam satu kelompok menanggapi.. Hasil musyawarah kemudaian ditulis dan dikirimkan dalam media whatshApp grub masing-masing kelompok belajar daring kelas VI. 

Gambar 1: Screenshoot pembagian kelompok dalam grub WA

Gambar 2: Screenshoot pembagian kelompok dalam grub WA





No comments:

Post a Comment

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...