Monday, 21 November 2016

A Sampai Z Kebiasaan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Pengertian Kebiasaan Siswa
Menurut Kamus Besar Bahasa indonesia (KBBI), kebiasaan dapat diartikan sebgai (1) sesuatu yang biasa dikerjakan dan sebagainya; (2) Istilah antropologi pola untuk melakukan tanggapan terhadap situasi tertentu yang dipelajari oleh seorang individu dan yang dilakukannya secara berulang untuk hal yang sama. Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan adalah hal-hal yang biasa dikerjakan oleh siswa yang membentuk suatu pola perulangan terhadap hal yang sama.

Jenis-jenis Kebiasaan Siswa
Jenis-jenis kebiasaan dapat dibedakan berdasarkan kandungan nilai-nilai moral. Menurut Djahiri dalam Pramudya (2012), nilai adalah harga, makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional. Disini, nilai difungsikan untuk mengarahkan, mengendalikan, dan menentukan kelakuan seseorang, karena nilai dijadikan standar perilaku. Menurut KBBI, nilai adalah sifat-sifat (hal-hal) yang penting atau berguna bagi kemanusiaan. Menurut Suseno dalam Pramudya (2012), moral adalah ukuran baik-buruknya seseorang, baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat, dan warga negara. Menurut KBBI, moral adalah (ajaran tentang) baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya; akhlak; budi pekerti; susila. Menurut A. Mangunhardjana dalam wikipedia.org (2016), nilai moral adalah nilai yang menjadikan manusia berharga, baik, dan bermutu sebagai manusia. Sedangkan menurut Max Scheler dalam wikipedia.org (2016), nilai moral merupakan sistem nilai utama antara nilai-nilai yang ada dalam diri manusia dengan nilai-nilai yang ditemukan dalam sebuah era atau bangsa. Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa nilai moral adalah sifat-sifat yang bermakna dan berkualitas baik dalam perilaku kemanusiaan. Ada empat jenis

Berdasarkan nilai-nilai moral yang dikandung, kebiasaan siswa dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
1. Kebiasaan baik siswa
Kebiasaan baik adalah hal-hal yang mengandung nilai moral yang biasa dikerjakan secara berulang-berulang oleh siswa.
2. Kebiasaan buruk siswa
Kebiasaan buruk adalah hal-hal yang tidak mengandung nilai moral yang biasa dikerjakan secara berulang-berulang oleh siswa.

Kebiasaan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
Menurut teori pekembangan kognitif Jean Piaget, siswa kelas VI SD masih dalam tahap operasional konkret (usia 7-11 tahun). Dalam tahap ini siswa kelas VI sudah mulai menghilangkan sifat egosentrismenya. Hal itu terlihat pula dalam kebiasaan-kebiasaan siswa kelas VI. Meski kebiasaan sekolah satu dengan sekolah yang lain mungkin berbeda. Berdasarkan pengamatan di sekolah dapat diperoleh data amatan kebiasaan-kebiasaan baik dan buruk siswa kelas VI di antaranya sebagai berikut.
1.  Kebiasaan baik
a. Membuang sampah pada tempatnya, aktif tugas piket, dan merawat tanaman sekolah
b. Mengerjakan soal-soal latihan ujian
c. Berani menjadi petugas upacara bendera
d. Berdoa sebelum dan sesudah belajar
e. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
f. Membaca buku 15 menit sebelum pembelajaran dimulai
g. Menyiapkan alat tulis dan buku yang diperlukan untuk mata pelajaran yang akan dipelajari tanpa disuruh
h. Menyimak penjelasan guru
i. Mau bekerjasama dalam kelompok belajar
j. Mau bertanya ketika mengalami kesulitan
k. Mau menjadi tutor sebaya bagi siswa yang sudah paham/mampu
l. Mengerjakan tugas-tugas dari guru dengan baik
m. Menggunakan media dan sumber belajar untuk menyelesaikan tugas
n. Percaya diri menyampaikan pendapat atau presentasi
o. Berpartisipasi aktif dalam membuat kesimpulan pada akhir pembelajaran
p. Belajar dengan tenang, fokus, dan tidak mengganggu teman lain
q. Merawat buku paket dan media yang digunakan dalam belajar
r. Menyimpan kembali buku, alat, dan media belajar seusai digunakan
s. Mengumpulkan tugas secara antre dengan tertib tanpa saling mendahului
t. Menilaikan hasil tugas secara tepat waktu
u. Memperhatikan ketika dipanggil untuk dimasukkan nilai tugas-tugasnya
v.  Menghargai dan menghormati guru dan tamu sekolah
w. Rukun dan saling tolong-menolong dengan sesama teman
x. Rukun, membimbing, dan menjaga adik kelas
y. Menjaga kerapian, kesopanan, ketertiban, dan kesehatan diri
z. Senang berolahraga dan berkunjung ke perpustakaan

2.  Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk siswa merupakan negasi dari kebiasaan baik siswa. Beberapa kebiasaan buruk siswa kelas VI SD yang perlu di perbaiki diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Datang terlambat
b. Tidak mengerjakan tugas guru
c. Menyalin pekerjaan teman
d. Mengejek teman lain
e. Bekelahi dengan teman atau adik kelas
f. Menghindar atau enggan bekerjasama dalam kelompok belajar
g. Tidak merawat buku-buku yang dipinjamkan sekolah
h. Tidak khidmat dalam mengikuti upacara bendera
i. Mencorat-coret meja, kursi, dan dinding sekolah
j. Tidak rajin berlatih soal-soal ujian
k. Tidak mau bertanya ketika kesulitan
l. Enggan membuka buku atau mencari sumber belajar ketika kesulitan menjawab soal
m. Tidak percaya diri dalam mengemukakan pendapat dan presentasi
n. Kurang patuh terhadap ketua kelas
o. Masih ramai dan tidak konsentrasi dalam pembelajaran
p. Lupa membawa alat tulis atau buku pelajaran
q. Tidak antre secara tertib ketika mengumpulkan tugas
r. Kurang memperhatikan ketika dipanggil untuk dimasukkan nilai hasil belajar
s. Iseng dan mengganggu teman lain dalam belajar
t. Merasa menang sendiri terhadap adik kelas
u. Masih jajan ketika bel sudah masuk
v. Tidak mengerjakan tugas piket dan enggan ikut kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah
w. Tidak sarapan
x. Banyak mengeluh capek ketika mengikuti tambahan pelajaran atau les
y. Membuang sampah sembarangan
z. Tidak mencuci tangan dan membersihkan diri sehabis olahraga

Sumber:
http://kbbi.kata.web.id/kebiasaan/
https://tumpalsimamora.wordpress.com/2009/07/21/habit-and-attitude/
https://id.wikipedia.org/wiki/Aksiologisme
https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_perkembangan_kognitif#Tahapan_operasional_konkrit
https://books.google.co.id/books?id=fwAgV02_J2oC&pg=PA65&lpg=PA65&dq=nilai-nilai+moral
Pramudya Y. A. (2012). pengertian-nilai-moral-dan-norma. http://coretanseadanya.blogspot.co.id
http://kbbi.web.id/moral
http://kbbi.web.id/nilai

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...