Monday, 24 July 2017

Irus Dari Dusun Blancir

      Irus adalah salah satu jenis perkakas berbentuk seperti sendok besar yang terbuat dari tempurung kelapa dengan gagang bambu yang digunakan untuk memasak. Ukuran standar irus ada tida macam, yaitu irus cilik, sedengan, dan gede. Irus digunakan untuk alat mengaduk dan menciduk masakan. Irus juga sangat praktis digunakan untuk menyayur. Gagang dan kepala irus yang dibuat dari bambu dan batok kelapa bersifat isolator, sehingga tidak perlu takut tangannya kepanasan saat memasak.
      Di Dusun Blancir ada dua pengrajin irus yang cukup dikenal sampai beberapa desa tetangga, yaitu Pak Isroni dan Pak Nardi. Irus Pak Isroni diminati karena selain pengerjaannya rapi, rajin, dan kuat, juga harganya ekonomis. Cukup dengan merogoh kocek Rp 3.000, pembeli sudah dapat membawa pulang irus kecil. Harga irus memang bervariasi dari Rp 3.000 sampai Rp 5.000 per buah tergantung ukuran irus. Pak Isroni membuat irus berdasarkan pesanan maupun sebagai mata pencaharian rutin. Rata-rata setiap hari Pak Isroni dapat membuat irus sejumlah empat puluh buah. Irus-irus itu lantas dibawa ke pasar setiap dina pasaran, yaitu wage, legi dan pon. 

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...