Thursday, 20 July 2017

Rigen dari Dusun Blancir

      Rigen merupakan salah satu hasil kerajinan dari Dusun Blancir yang terletak di Desa Pesidi, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Rigen adalah anyaman berbahan dasar bambu yang terdiri atas iratan, gambangan, pegesan, dan gapit. Rigen dibuat dengan tangan atau handmade. Rigen berbentuk persegi panjang. Cara pembuatan rigen dimulai dengan pemotongan bambu, dilanjutan pengiratan, penjemuran iratan, pembuatan gambangan, membuat wiwitan, penganyaman iratan, pembuatan gapit, pembuatan pegesan, dan diakhiri dengan proses nggapiti. Waktu yang diperlukan untuk membuat rigen kira-kira 2 buah rigen perhari. Rigen biasa digunakan untuk alas menjemur tembakau, ceriping, rengginan, krecek, krupuk, puyur, dan slondok. Ukuran rigen ada rigen cilik, sedengan, dan gede. Harga rigen dari pengrajin langsung berkisar antara Rp 15.000 s.d. Rp 20.000.
      Di Dusun Blancir dikenal adanya musim rigen. Musim rigen adalah musim di mana di dusun ini akan dijumpai kesibukan yang luar biasa dari pagi hingga tengah malam untuk membuat rigen. Pada musim rigen anak-anak hingga orang tua, pria maupun wanita ikut terlihat sibuk baik sebagai pembuat utama rigen maupun sekadar membantu. Musim rigen di dusun Blancir merupakan rutinitas hampir setiap tahun pada musim kemarau. Pada musim kemarau sekitar bulan April-Agustus pesanan rigen dari luar daerah seperti Kabupaten Temanggung akan banyak. Hampir setiap hari akan terlihat ada truk masuk maupun keluar dusun untuk mengantar bahan bambu atau mengantarkan pesanan yang sudah jadi. Rigen dibuat oleh hampir 70 persen penduduk dusun. Menariknya pada malam hari dusun akan tetap terlihat ramai dan terang baik di dalam rumah maupun di halaman rumah. Biasanya penduduk memasang beberapa lampu neon panjang di halaman rumah untuk membuat rigen bersama-sama tetangga atau teman. Sebagai hiburan penduduk juga menyiapkan tape atau radio untuk rengeng-rengeng. Pada musim rigen dusun akan terlihat sepi menjelang pukul dua dini hari.

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...