Sunday, 23 July 2017

Krecek dari Dusun Blancir

      Krecek adalah sejenis camilan di Dusun Blancir, Desa Pesidi, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang yang terbuat dari beras ketan yang ditanak dengan bumbu bawang putih dan garam, dibentuk bulatan-bulatan pipih berdiameter sekitar 5cm, dijemur dengan alas rigen, serta digoreng. Krecek merupakan makanan yang digemari di Dusun Blancir karena gurih berasa bawang. Makanan ini tergolong makanan yang aji. Hal itu karena biasanya makanan ini diadakan oleh para penduduk untuk menyambut tamu ketika hari besar Idul fitri, acara hajatan, dan acara pengajian. Di Kota Magelang sendiri krecek lebih dikenal dengan sebutan rengginan. Sedangkan istilah krecek sering digunakan untuk menyebut makanan yang terbuat dari kulit sapi. 
      Di dusun Blancir krecek dibuat secara rumahan oleh ibu-ibu rumah tangga. Ada beberapa ibu rumah tangga yang membuat tidak hanya untuk konsumsi sendiri, tetapi juga untuk dijual. Salah satunya adalah Ibu Sumi atau sering dikenal dengan Lek Sumi. Rengginan Ibu Sumi dibuat dengan beberapa macam warna, yaitu putih (tanpa warna), hitam (dari ketan hitam), dan merah muda. Ibu Sumi juga sering membuat krecek berdasarkan pesananan dari beberapa tetangga desa, terlebih saat musim hajatan.  

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...