1. Menaksir hasil penjumlahan dan pengurangan
a. Taksiran ke puluhan terdekat
Contoh:
53 dibulatkan menjadi 50
55 dibulatkan menjadi 60
59 dibulatkan menjadi 60
Tentukan taksiran ke puluhan terdekat 45 + 72
jawab:
45 dibulatkan menjadi 50
72 dibulatkan menjadi 70
50 + 70 = 120
Jadi, 45 + 72 ≈ 120 (tanda ≈ dibaca kira-kira)
Latihan:
Taksirlah hasil penjumlahan dan pengurangan berikut ke puluhan terdekat!
1. 46 + 83
2. 59 + 123
3. 327 + 142
4. 79 - 32
5. 258 - 117
6. 267 - 128
7. 289 - 98
8. 345 - 135
9. 378 - 176
10. 491 - 289
b. Taksiran ke ratusan terdekat
Contoh:
345 dibulatkan menjadi 300
350 dibulatkan menjadi 400
367 dibulatkan menjadi 400
Tentukan taksiran ke ratusan terdekat 369 - 123
Jawab:
369 dibulatkan menjadi 400
123 dibulatkan menjadi 100
400 - 100 = 300
Jadi, 369 -123 ≈ 300
Latihan:
1. 169 + 205
2. 527 + 375
3. 384 + 178
4. 508 - 199
5. 711 - 199
6. 367 - 128
7. 389 - 98
8. 445 - 135
9. 478 - 176
10. 591 - 289
Sumber belajar:
Y.D. Sumanto, dkk. (2008). Gemar Matematika 5 untuk Kelas V SD/MI. Jakarta: BSE Pusat Perbukuan
Menaksir hasil penjumlahan dan pengurangan dua bilangan berarti memperkirakan hasil penjumlahan atau pengurangan dari kedua bilangan tersebut. Caranya dengan membulatkan kedua bilangan kemudian hasil pembulatan tersebut dijumlahkan atau dikurangkan.
Contoh:
53 dibulatkan menjadi 50
55 dibulatkan menjadi 60
59 dibulatkan menjadi 60
Tentukan taksiran ke puluhan terdekat 45 + 72
jawab:
45 dibulatkan menjadi 50
72 dibulatkan menjadi 70
50 + 70 = 120
Jadi, 45 + 72 ≈ 120 (tanda ≈ dibaca kira-kira)
Latihan:
Taksirlah hasil penjumlahan dan pengurangan berikut ke puluhan terdekat!
1. 46 + 83
2. 59 + 123
3. 327 + 142
4. 79 - 32
5. 258 - 117
6. 267 - 128
7. 289 - 98
8. 345 - 135
9. 378 - 176
10. 491 - 289
b. Taksiran ke ratusan terdekat
Contoh:
345 dibulatkan menjadi 300
350 dibulatkan menjadi 400
367 dibulatkan menjadi 400
Tentukan taksiran ke ratusan terdekat 369 - 123
Jawab:
369 dibulatkan menjadi 400
123 dibulatkan menjadi 100
400 - 100 = 300
Jadi, 369 -123 ≈ 300
Latihan:
1. 169 + 205
2. 527 + 375
3. 384 + 178
4. 508 - 199
5. 711 - 199
6. 367 - 128
7. 389 - 98
8. 445 - 135
9. 478 - 176
10. 591 - 289
Sumber belajar:
Y.D. Sumanto, dkk. (2008). Gemar Matematika 5 untuk Kelas V SD/MI. Jakarta: BSE Pusat Perbukuan
No comments:
Post a Comment