Thursday, 20 July 2017

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah serangkaian kalimat yang disusun secara sistematis, logis, dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan bahasan. Dalam sebuah karangan setiap awal paragraf ditulis 6 spasi menjorok ke dalam. Paragraf disebut juga alinea. Setiap paragraf memiliki hanya satu ide pokok. Letak ide pokok terdapat dalam kalimat utama. Dalam paragraf terdapat kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Kalimat utama menjadi pijakan berpikir dalam memahami ide pokok yang disampaikan dalam paragraf. Kalimat penjelas dalam paragraf berfungsi merinci atau menjabarkan secara lebih dalam dan luas apa isi dalam kalimat utama. Selain merinci dan menjabarkan, kalimat penjelas dapat juga berupa contoh-contoh yang mendukung isi dalam kalimat utama.

Berikut ini contoh paragraf sederhana.

      Dusun Blancir dikenal sebagai dusun pertanian, pertukangan, dan kerajinan. Hampir tujuh puluh persen penduduk di dusun ini bermata pencaharian sebagai petani sekaligus tukang, dan pengrajin. Tiga puluh persennya bermata pencaharian sebagai guru, pamong praja, karyawan toko, dan pedagang. Para penduduk utamanya bertani jagung, ketela, dan padi. Di sela-sela bertani, para penduduk juga mahir menjadi tukang bangunan atau kayu. Barang-barang kerajinan juga dihasilkan oleh para penduduk, seperti rigen, irus, centhong, tas anyaman plastik, keranjang, kepang, dan tikar mendong. Uniknya dari dusun ini adalah para pengrajinnya tidak hanya didominasi oleh kaum adam, tetapi kaum hawa pun ikut andil besar menjadi pengrajin. Bahkan anak-anak seusia sekolah dasar sudah dapat ikut membantu proses pembuatan barang kerajinan meski hanya sederhana semacam membuat anyaman tali untuk kerajinan anyaman tas. Setiap satu utas anyaman tali yang dibuat biasanya dihargai Rp 100. 

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...